Social Icons

MIDWIFE

Pages

Sabtu, 29 Maret 2014

Welcome my junior 'anne' :)




Sejak bulan februari 2014 tepatnya tanggal 1, saya ditugaskan untuk menggantikan uni Luki yang cuti melahirkan di pustu (singkatan untuk Puskesmas Pembantu) Guguak Sarai, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok. Dari tanggal 1 Februari sampai tgl 19 Maret 2014 alhamdulillah pustu terkelola dengan baik. Posyandu dan kegiatan-kegiatan kesehatan lainnya insyaallah berjalan dengan lancar.

Sampai akhirnya pada kamis dini hari tanggal 20 Maret 2014 tepatnya pukul 00.15 saya ditelfon oleh pasien calon partus (melahirkan) untuk segera datang ke Guguak sarai.
OH iya saya tadi lupa bilang, selama saya ditugaskan di Guguak Sarai, saya hanya menggantikan jam dinas Pustu yaitu dari pukul 08.00 - 16.00 WIB.

Dan dengan ditemani sang ayah, saya berangkat pukul 00.40 WIB menuju Pustu Guguak Sarai.

Pukul 01.00 WIB saya sampai di Pustu, nampak Ibu ini ditemani suami dan kakaknya sudah menunggu dengan gelisah. Ibu saya suruh masuk ke ruang pemeriksaan dan keluarga menunggu diluar. Ibu ini sudah memperlihatkan tanda tanda akan melahirkan. Pinggang dan ari-arinya sakit, keluar lendir bercampur darah. Setelah saya periksa dalam, pembukaan sudah 7 cm, ketuban masih utuh dan ibu merasakan sakit di pinggang yang hebat.
Saya menyuruh ibu ini untuk miring ke kiri, dan selama itu saya menyiapkan alat alat yang dibutuhkan untuk menolong persalinan.

Sebelumnya, saya katakan bahwa Ibu ini adalah pasien yang memiliki resiko tinggi. Dengan umur yang tidak muda lagi, 43 tahun, kehamilan sudah 7 kali, dan dengan riwayat RETENSIO PLASENTA atau plasenta melekat lebih dari setengah jam setelah bayi lahir.

Pukul 02.00 WIB ibu merasakan ingin mengedan, pinggang bertambah sakit. Saya lakukan periksa dalam lagi dan akhirnya pembukaan ibu sudah lengkap tetapi ketuban masih tetap utuh.
Dengan tidak lupa memakai alat perlindungan diri, saya memulai melakukan tindakan memecahkan ketuban. Ibu saya suruh mengedan jika kontraksi ada. Dan mungkin karena sudah pengalaman, hanya dengan 2 kali mengedan, bayi lahir dengan selamat. Jenis Kelamin perempuan. Alhamdulillah.... bayi lahir pukul 02.10 WIB :)

Perasaan lega ini hanya sebentar, 5 detik setelah bayi lahir ibu mulai lemah dan dari vagina keluar banyak darah. Ya Allah PERDARAHAN...! :(
dengan sigap saya memasang infus di tangan kanan ibu,saya guyur. Sebelumnya tidak lupa saya menyuntikkan oksitosin yang pertama untuk merangsang plasenta keluar. Namun setelah 30 menit menunggu sambil melakukan peregangan tali pusat, tidak terdapat tanda-tanda plasenta telah lepas dari fundus. YA ALLAH.. dalam hati saya hanya berdo'a mengharapkan kemudahan. Saya suntikkan oksitosin kedua sambil tetap melakukan peregangan tali pusat terkendali. dan tetap tidak ada tanda plasenta telah lepas.

Disinilah kebijakan seorang bidan. Dengan membaca BISMILLAHHIRRAHMANIRRAHIM saya lakukan tindakan MANUAL PLASENTA yang sebelumnya saya meminta persetujuan dari keluarga. dan alhamdulillah pada pukul 03.10 WIB plasenta lahir manual, dan setelah saya periksa tidak ada tanda tanda robekan, atau selaput yang tertinggal. YA ALLAH tepat satu jam kami menunggu.

Tidak lupa saya lakukan eksplorasi untuk memastikan plasenta benar benar tidak tertinggal di dalam.

ALHAMDULILLAHIRABBIL'ALAMIN... :)
akhirnya perdarahan ibu terhenti, jalan lahir tidak ada robekan. Ibu saya beri minum teh hangat. Bayi saya periksa. Keadaan Umum BAIK, semuanya lengkap, tidak ada cacat bawaan dan lain lain.
setelah ditimbang ternyata berat sang bayi 4 KG! dengan panjang 50 cm! WAWW,,,

Siangnya, dengan gembira suami dan keluarga dari ibu ini mengatakan kalau dia mau memberi nama anaknya dengan nama saya. hihihihi

                                                            ADEVELINE DARTIS


                                                              WELCOME NAK...... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

 
Blogger Templates